Asosiasi Jurnalis Video (AJV) adalah organisasi jurnalis berbasis video. Keanggotaan terbuka bagi seluruh jurnalis Indonesia.

Resmi berdiri 2 Februari 2020 di Jakarta, AJV bertujuan memperkuat kehadiran jurnalistik modern yang bebas, adil, dan multiflatform.

Usaha organisasi meliputi penyempurnaan kebijakan peraturan perundangan dan perangkat institusional, perlindungan bagi seluruh anggota, peningkatan profesi, dan berbagai usaha yang sejalan dengan tujuan.

AJV menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalisme berkeadilan, kerja jurnalistik yang bebas, jujur, dan profesional, serta melaksanakan upaya-upaya perlindungan yang memadai bagi seluruh anggota.

Dalam melaksanakan kegiatan, pengurus berpegang teguh pada pedoman transparansi keuangan, menerapkan iuran anggota, melakukan usaha-usaha yang sejalan dengan hukum dan peraturan perundangan yang berlaku, menerima bantuan yang tidak mengikat dari sumber-sumber yang tidak melakukan pelanggaran hukum, kegiatan merusak lingkungan, sosial, budaya, atau partisan.

AJV merupakan bagian dari Yayasan Jurnalis Video Mandiri.